Sabtu, 07 November 2009

mamapas lewu 2


PEMOTONGAN KURBAN SESAJIAN

Sesajian semua darah korban diambil dan disajikan untuk Raja Penyakit, supaya tidak mengganggu masyarakat Kab. Kapuas, juga untuk pendingin dari hawa panas.
Pemotongan dilakukan oleh seorang anggota atau pelaksana Balian.
Acara Pemotongan kurban 1 babi warna putih sesajian untuk orang gaib ( Pangantuhu ) / Buhei / bapa laut, sebelum di potong babi sesajian diberikan daun sirih, pinang, nasi, oleh pelaksana Balian baru kemudian pemotongan dilakukan.

Kurban 1 ekor babi warna hitam yaitu untuk orang gaib ( Kambe Hai ) yang menjaga Kab. Kapuas.
Sebelum di potong dipersiapkan terlebih dahulu daun sirih, pinang dan nasi, di berikan pada babi oleh Pelaksana Balian, untuk dimakan.
Pemotongan ayam warna putih, hitam dan tiga macam warna

Ayam warna bulu putih sesajian untuk ( nyai Undang) yaitu orang gaib ; sejarahnya dari kota Bataguh Kab. Kapuas. (Lihat lintasan sejarah di halaman akhir).
Ayam berwarna hitam sesajian untuk Antang Patahu ( penjelmaan dari seekor burung elang ).
Ayam tiga macam warna sesajian untuk Pampahilep
( orang gaib)

SESAJIAN UNTUK ORANG-ORANG ALAM GAIB


Para basir Balian memberi sesajian untuk sahut parapah Kab. Kapuas ( Pelindung ) artinya pelaksana ( Basir ) menyajikan sesajian untuk roh-roh orang gaib yang menjaga dan melindungi kota Kab. Kapuas dari ancaman semua penyakit, bencana alam dan lain-lain ( Ritual ). Sesajian ini terdiri dari kue-kue untuk roh-roh gaib beserta babi dan ayam yang disediakan khusus untuk roh-roh gaib.
Kemudian juga disertai dengan pengantaran sesajian ke Balai Basarah tempat sesajian.

D. ACARA MAMAPAS LEWU



Pelaksana acara mamapas lewu dengan memakai pakaian adat.

Pelaksanaan Mamapas Lewu Kab. Kapuas yang beriringan bertujuan membersihkan Kab. Kapuas dari segala macam penyakit, bencana alam serta kerusuhan yang telah terjadi hingga tidak akan terjadi lagi.
Dalam Bahasa Kapuas “ Mamapas kare ganan panyakit sampar saribu sasabutan biti bara lewu Kapuas “.

Dimulai dari Jl. Patih Rumbih menuju ;
a. Kantor PEMDA
b. Kantor DPRD
c. Dinas Instansi Jawatan
d. Pelabuhan Rumah Jabatan




PELAKSANAAN MAMAPAS LEWU / KOTA.

Tampak di gambar ini para pelaksana mamapas lewu dan tokoh-tokoh masyarakat Dayak Kapuas, T.E Toepak (wakil Bupati Kapuas) tahun 2004, dan juga diiringi oleh tokoh Dayak Kapuas Ngaju, melaksanakan kegiatan membersihkan atau menyapu segala macam penyakit dan penghalang dalam melaksanakan Pembangunan Daerah kita.



PELAKSANAAN AKHIR RITUAL MAMAPAS LEWU
KABUPATEN KAPUAS



Sesajian untuk ritual berakhir. Sesajian tersebut untuk roh-roh gaib / Nyaru (penjaga hujan dan petir), dalam hal ini para Balian memberi tahu bahwa ritual mamapas lewu selesai, maka setelah diambil kembali sesajian tersebut, hari akan hujan disertai dengan bunyi guntur.



1 komentar:

  1. Can I Play A Scratchcard? | Worrione
    Scratchcard (also known as Scratchcard) is a unique scratchcard which is designed for games of 샌즈카지노 chance where 메리트카지노 each individual 바카라 사이트 player receives a Scratchcard.

    BalasHapus